keterlaluan
Jakarta - Gerbong aktivis 98 mengapresiasi Gerakan Golkar Bersih yang di inisiasi oleh Ahmad Doli Kurnia sebagai Ketua GMPG yang ingin menyelamatkan partai dari citra negatif dan elektabilitas partai yang terus merosot, setelah beberapa Petinggi Partai Golkar diduga terlibat pada Mega Korupsi e-KTP.
 
"Sudah selayaknya demi menyelamatkan Partai Golkar saudara Melchias Marcus Mekeng dan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto untuk Mundur dari semua posisi selama Proses Hukum berjalan," kata Juru Bicara Gerbong Aktivis 98, Ucok Choir kepasa wartawan, Senin (28/8).
 
Ucok menilai, Golkar dibawah kendali Novanto seperti terjerumus dalam lembah hitam. Oleh karenanya perlu diselamatkan. "Jika tidak diselamatkan, suara Golkar di 2019 bisa hancur. Dan ditinggalkan oleh pemilihnya," tegasnya.
 
Ucok pun secara tegas meminta KPK untuk menangkap Setya Novanto karena sudah menjadi tersangka dan segera memeriksa Mekeng. "SN Ini kan sudah jadi tersangka. Segera di tangkap dong, dan cepat lakukan pemeriksaan ke Mekeng," ujarnya.
 
Diketahui, Politisi Partai Golkar Melchias Marcus Mekeng disebut mendapat kucuran dana dari korupsi e-KTP sebesar 1,4 juta dollar AS, Selaku Ketua Badan Anggaran DPR ketika itu.
 
Hal itu terungkap dalam surat dakwaan mantan Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Sugiharto, dan mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Irman.
 
Ini adalah sebuah fakta Persidangan karena yang menyampaikan adalah Jaksa KPK di dalam persidangan dengan kedua terdakwa terdakwa.