Hari Jalan 2023, Kementerian PUPR Gelar Lomba Gokart Listrik Pertama di Indonesia

FOTO :

wasito

Jakarta,HARIANRAKYAT  - Dalam rangka memperingati Hari Jalan 2023, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga menyelenggarakan Electric Karting Race (EKR) 2023 pada 15-17 Desember 2023 di Sirkuit Electric Vehicle (EV) PUPR, Kantor Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan, Bandung.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, race gokart listrik pertama kali di Indonesia ini terselenggara atas kolaborasi antara Kementerian PUPR dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Barat, PT PLN (Persero), dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Kegiatan ini sesuai dengan tema Hari Jalan 2023 yaitu “Konstruksi 4.0 untuk Penyelenggaraan Jalan yang Optimal, Inovatif, dan Kolaboratif".

“Pada hari ini kita menyaksikan untuk yang pertama kalinya EKR di Indonesia. Kalau ini dilaksanakan dalam rangka Hari Jalan, mungkin untuk tahun depan IMI bisa menyelenggarakan event National EKR untuk menyambut 17 Agustus-an. Tentu kami akan mendukung penuh dan mengapresiasi dengan Piala Menteri PUPR,” kata Menteri Basuki saat membuka EKR, Sabtu (16/12/2023).

“Mudah-mudahan ini dapat menjadi awal yang baik. Kita akan terus meningkatkan kolaborasi seperti ini dengan UPI dan perguruan tinggi/intitusi lainnya untuk meningkatkan kemajuan teknologi kendaraan listrik di Indonesia ke depannya,” ujar Menteri Basuki. 

EKR digelar di track Sirkuit EV PUPR sepanjang 970 meter, yang memiliki lebar lintasan antara 6-14 meter, dan 11 tikungan. Pembangunannya menggunakan inovasi teknologi jalan yang telah dikembangkan oleh Kementerian PUPR, antara lain aspal plastik, aspal PG70 Polimer, asbuton murni, beton porous, aspal porous, aspal karet alam, timbunan ringan, dan timbunan FABA.

Kepala Subdirektorat Teknologi dan Peralatan Infrastuktur Bina Marga Yudi Hardiana selaku Ketua Penyelenggara EKR mengatakan, EKR terbagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas junior/senior/mahasiswa untuk peserta berumur 11 tahun ke atas dan kelas expert untuk peserta berumur 32 tahun ke atas.

“Teknis perlombaan terdiri dari 3 tahap untuk setiap kelasnya, yaitu Qualifying Time Trial (QTT) yang diselenggarakan kemarin(15/12/2023) dan hari ini diselenggarakan Pre-Final. Untuk Final diselenggarakan besok (17/12/2023). Adapun teknis lomba mengikuti rekomendasi dari IMI, sedangkan konversi mesin gokart dari mesin konvensional menjadi motor elektrik dilakukan oleh UPI, dan untuk dukungan kelistrikan didukung sepenuhnya oleh PT PLN,” jelas Yudi.

Wakil Ketua Umum Mobilitas IMI Rifat Sungkar mengapreasiasi Kementerian PUPR atas dukungan dan kepeduliannya terhadap transformasi kendaraan listrik di Indonesia. “IMI bahagia luar biasa, karena sebenarnya tugas kami untuk memberikan kesempatan kepada semua orang supaya dapat berprestasi di cabang ini didukung penuh oleh Kementerian PUPR. Tentu IMI  akan memenuhi janji untuk dapat menyelenggarakan race yang lebih besar pada 17 Agustus mendatang,” kata Rifat.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Pembina DWP Kementerian PUPR Kartika Basuki, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra. S. Atmawidjaja, dan para Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Direktorat Jenderal Bina Marga. Hadir pula Wakil Ketua Umum Mobilitas IMI Rifat Sungkar, Rektor UPI M Solehuddin, dan General Manager PT PLN Jawa Barat Djarot Hutabri. (wst)



www.harianrakyat.com
Redaksi | Disclaimer | Dewan Pers