Deka

Jakarta, HARIANRAKYAT --  Pertamina Group meraih 8 penghargaan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) pada The Iconomics "Indonesia 50 Best CSR Awards 2024", yang diselenggarakan oleh "The Iconomics Media", di Jakarta, Selasa (7/5).

Program TJSL Pertamina yang sarat akan kepedulian sosial dinilai memberi nilai tambah bagi Pertamina, sehingga kehadiran Pertamina bermanfaat bagi masyarakat.

Vice President CSR & SMEPP Management Pertamina Fajriyah Usman menyampaikan, Pertamina memiliki 4 pilar  fokus CSR yaitu Pertamina Cerdas untuk bidang pendidikan, Pertamina Sehat untuk kesehatan, Pertamina Hijau untuk lingkungan, serta Pertamina Berdikari untuk  pembinaan UMKM.

"Melalui 4 pilar tersebut, kami semua berupaya memberikan nilai tambah kepada masyarakat. Semoga tujuan TJSL yang berhasil dicapai dari program tersebut, menjadi motivasi bagi tim Pertamina Group untuk terus melanjutkan TJSL yang memberikan dampak positif bagi masyarakat," harapnya saat penerimaan penghargaan.

Di penyelenggaraan tahun keenam ini, PT Pertamina (Persero) berhasil meraih Best 50 CSR Brand Equity Awards (Sektor Oil and Gas).

Sementara, penghargaan untuk kategori yang sama juga diraih oleh  Pertalife Insurance (Sektor Insurance), Pertamina Foundation (Sektor Philanthropy Foundation), dan Asuransi Tugu Pratama Indonesia (Sektor Insurance).

Selain itu, Pertamina International Shipping meraih Indonesia Best CSR in Supply Chain Sector, Pertamina Trans Kontinental (PTK) meraih Indonesia Best CSR in Marine Logistics Sector, Pertamina Lubricants meraih Indonesia Best CSR In Lubricants Sector, dan PT Elnusa Tbk meraih Indonesia Best CSR In Crude Petroleum & Natural Gas Sector.

Vice President Corporate Communications Pertamina Fadjar Djoko Santoso menambahkan, penghargaan ini mencerminkan komitmen Pertamina dalam menerapkan aspek keberlanjutan di masyarakat. Hal ini sejalan dengan visi Pertamina menjadi perusahaan berkelanjutan, sehingga diharapkan upaya Pertamina dapat menunjang bisnisnya sekaligus memberi dampak positif bagi masyarakat.

"Program TJSL menjadi salah satu cara Pertamina menerapkan aspek sustainability, dengan tujuan mendorong tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). Penghargaan dari The Iconomics merupakan apresiasi, yang akan menyemangati kami untuk memberi dampak yang lebih luas," ujar Fadjar.

Beberapa program TJSL unggulan Pertamina diantaranya Desa Energi Berdikari, Hutan Pertamina, serta program kesehatan seperti Rumah Sakit Apung di Kota Sorong, Papua, yang telah banyak membantu masyarakat untuk mendapatkan akses pada kesehatan.

Founder & CEO The Iconomic Bram S. Putro pada pembukaannya mengungkapkan, penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang berkomitmen mengimplementasikan Corporate Social Responsibility (CSR) atau TJSL.

"Ini merupakan dukungan kami kepada perusahaan yang memiliki komitmen tinggi, dalam mengimplementasikan CSR. Saya berharap akan semakin banyak perusahaan-perusahaan beserta para pemimpinnya yang memiliki  komitmen dan keseriusan tinggi dalam implementasi CSR di masa mendatang," pungkasnya.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.



www.harianrakyat.com
Redaksi | Disclaimer | Dewan Pers