Akademi Farmasi Bhumi Husada Adakan Bazar, Hiburan dan Jumpa Ahli Kesehatan

FOTO : Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta berkolaborasi dengan Kecamatan Ciracas Jakarta Timur mengadakan acara bertajuk BHJ (Bazar, Hiburan dan Jumpa Ahli Kesehatan) di Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur,

Dodi

Jakarta, HARIANRAKYAT - Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta berkolaborasi dengan Kecamatan Ciracas Jakarta Timur mengadakan acara bertajuk BHJ (Bazar, Hiburan dan Jumpa Ahli Kesehatan) di Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (3/12).

"Tujuan dibuatnya acara ini adalah sebagai ajang untuk mendapatkan pengalaman dunia nyata di bidang kewirausahaan yang sebelumnya berupa in-classroom learning, yaitu pembelajaran dalam kelas," kata Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan, Elly Safitri, M.Psi, Psikolog dalam keterangannya, Selasa (5/12).

Dalam kegiatan ini, tambahnya, mahasiswa belajar bagaimana mengelola tim kelas untuk menjadi Event Organizer, selain belajar menjual produk-produk yang mereka produksi sendiri kepada masyarakat, yaitu berupa makanan, minuman dan kosmetik.

"Hal yang paling menantang dalam acara ini adalah mencari pihak-pihak sponsor yang akan diajak kolaborasi. Pihak Kecamatan Ciracas sangat mendukung kegiatan ini dengan mensponsori tempat kegiatan, SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Kecamatan Ciracas juga ikut mendukung, seperti Jakpreneur sebagai advisor, Satpol PP yang memberikan izin bagi mahasiswa untuk menempatkan spanduk-spanduk kegiatan," kata Elly Safitri.

Dikatakannya, komunitas UMKM juga turut menyumbang ide dan saran pelaksanaan acara ini berdasarkan pengalaman mereka sebelumnya. Sponsor yang turut berpartisipasi dalam acara ini adalah BCA, Lyons Club, Mustika Ratu, Chateda Toys, Parrot Nusantara, Niagara Arung Jeram, Apotik Nebi Farma dan Momma Ika Kitchen.

Setelah mendapatkan sponsor, jelas Elly, hal yang menantang kedua adalah bagaimana mendatangkan orang-orang untuk menghadiri acara ini. Kecamatan Ciracas membantu dengan menyebarkan flyer acara secara online kepada para warga di lima Kelurahan dibawahnya (Kelurahan Rambutan, Kelurahan Susukan, Kelurahan Ciracas, Kelurahan Cibubur dan Kelurahan Kelapa Dua Wetan), penempatan spanduk-spanduk di daerah strategis dan menyebarkan brosur secara online dan offline di komunitas-komunitas mahasiswa dan kepada potential market. Empat bulan sebelumnya, mahasiswa telah membuat Instagram sebagai teaser acara.

Sebagai sekolah Kesehatan, Akademi Farmasi Bhumi Husada membuat program-program Kesehatan yang menarik bagi pengunjung seperti pemeriksaan gula darah dan asam urat gratis, kegiatan senam jantung sehat dengan coach senam jantung sehat dari RSUD Pasar Rebo.

Dalam kesempatan itu, Sulistiyani Heru, penyuluhan dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya, dr. Lonah, Spesialis Farmakologi Klinis, berbicara tentang penggunaan obat herbal yang tepat untuk meningkatkan imunitas tubuh, dilanjutkan pemaparan tentang mindset positif sebagai sumber imun tubuh oleh Elly Safitri, M.Si, Psikolog dan Penanaman disiplin dalam parenting oleh Sri Nur Istikayati, M.Pd. 

Acara juga berlangsung meriah dengan acara mewarnai gambar yang diikuti oleh 25 orang anak dan demo kecantikan dari Mustika Ratu. Puluhan doorprize menarik juga membuat para pengunjung bertahan hingga akhir acara sambil menikmati kuliner yang dijual oleh mahasiswa.   

Semoga acara ini dapat terus berlanjut secara rutin karena telah memberikan pengetahuan Kesehatan yang berguna dan hiburan bagi masyarakat. Bagi tim panitia yang merupakan mahasiswa Akademi Farmasi Bhumi Husada Angkatan 2021, tentu banyak pengalaman berharga yang diperoleh dalam kegiatan ini. Dukungan para sponsor, penjualan kuliner dan kosmetik yang laris manis juga telah menambah semangat para mahasiswa sehingga akan menjadi inspirasi bagi angkatan berikutnya.



www.harianrakyat.com
Redaksi | Disclaimer | Dewan Pers