Ketua DPR Puji Hasil Pembangunan Huntap Kementerian PUPR di Cianjur

FOTO : Ketua DPR RI Puan Maharani saat memberikan sambutan pada kegiatan Penyerahan Simbolis Rumah Hunian Tetap Relokasi Korban Bencana Gempa Bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (1/3/2023).

Hadi Siswo

Cianjur, HARIANRAKYAT -- Ketua DPR RI Puan Maharani memuji hasil pembangunan hunian tetap (Huntap) yang dilaksanakan Kementerian PUPR untuk masyarakat yang harus direlokasi akibat bencana gempa bumi di Kabupaten, Cianjur, Jawa Barat.

Pembangunan Huntap yang menggunakan teknologi rumah instan sederhana sehat (RISHA) dinilai memiliki kualitas yang baik serta nyaman untuk dihuni oleh masyarakat yang akan menempatinya bersama keluarganya.


"Rumah atau Huntap yang dibangun Kementerian PUPR ini sangat bagus sekali, bersih dan lingkungannya juga tertata dengan baik. Saya harap masyarakat yang menghuninya bisa menjaga kebersihan dan selalu menjaga agar tetap rukun dan guyub," ujar Ketua DPR RI Puan Maharani saat memberikan sambutan pada kegiatan
Penyerahan Simbolis Rumah Hunian Tetap Relokasi Korban Bencana Gempa Bumi
di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (1/3/2023).


Menurutnya, dirinya selalu memantau proses pembangunan infrastruktur dan perumahan yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR khususnya pasca bencana alam di Kabupaten Cianjur.
Hal itu dilakukan agar masyarakat mendapatkan bantuan kemanusiaan dan tempat tinggal yang layak karena banyak hunian yang rusak parah akibat gempa bumi sesar Cugenang.


"Hari ini sudah 100 hari pasca bencana di Kabupaten Cianjur dan kami telah menurunkan tim terjun ke lapangan guna memantau kondisi masyarakat yang terkena dampak gempa. Dan hari ini 200 Huntap diatas lahan 2,4 hektar di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur sudah selesai dibangun dan siap diberikan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan," katanya.


Pada kesempatan itu, Ketua DPR didampingi Bupati Cianjur Herman Suherman dan Direktur Jenderal Perumahan, Iwan Suprijanto juga menyerahkan kunci rumah secara simbolis kepada salah seorang penerima bantuan Huntap.


Lebih lanjut dirinya juga meminta agar Kementerian PUPR segera menyelesaikan sisa kebutuhan hunian untuk masyarakat. Apalagi berdasarkan data yang ada di Pemerintah Kabupaten Cianjur ada sekitar 500 rumah masyarakat yang rusak.



"Kementerian PUPR langsung memberikan 200 rumah dan bisa segera ditempati. Rencananya 500 rumah di 3 lokasi dan saya mendorong agar sebelum lebaran masyarakat bisa segera masuk ke rumah," harapnya.


Sementara itu, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto menjelaskan, pihaknya
terus mempercepat penyelesaian pembangunan Huntap untuk masyarakat.
Untuk Huntap yang digunakan untuk relokasi warga tahap pertama dibangun diatas lahan 2,4 hektar lengkap dengan prasarana, sarana dasar seperti jalan lingkungan, saluran air bersih, balai warga dan tempat ibadah.

"200 rumah sudah selesai dibangun dan sedang dalam proses serah terima aset barang milik negara kepada Pemkab Cianjur. Selain itu kami juga sedang membangun 151 unit Huntap di Kecamatan Mande dan sisanya menunggu kesiapan lahan yang disiapkan Pemkab Cianjur di Kecamatan Cipanas," terangnya.



www.harianrakyat.com
Redaksi | Disclaimer | Dewan Pers