Yos

Jakarta, HARIANRAKYAT - Forum Pelestari Pencak Silat Keris Indonesia (FPPSKI) selenggarakan program PASOPATI melalui muatan acara “Gelar Budaya Pencak Silat Keris Kolosal”. Dalam Sambutan Pembukaan, Ketua Panitia Acara M.Solikin N. Tauhena menyampaikan, "Dengan rasa syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala, kita bersama merayakan pembukaan Program PASOPATI 'Gelar Budaya Pencak Silat Keris Kolosal'

Program ini adalah wujud komitmen Forum Pelestari Pencak Silat Keris Indonesia (FPPSKI) dalam melestarikan kearifan lokal Indonesia. Bukan hanya ajang olahraga, tetapi juga upaya melestarikan nilai-nilai kearifan lokal, kejuangan, dan keindahan budaya."

Pada sambutan, Ketua Umum FPPSKI, Narwan Riyadi, menambahkan, "Hari ini, kita bersyukur atas keberhasilan Program PASOPATI yang menjadi bagian dari peringatan 18 tahun penetapan Keris sebagai 'Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity' oleh UNESCO. Keris bukan hanya benda mati, melainkan simbol kearifan lokal, sejarah panjang, dan keindahan seni yang mengakar dalam budaya kita."

Ketua Panitia menutup sambutan dengan sebuah pantun: "Kilauan budaya, gemerlap seperti cahaya,Pelaksana menjalankan tugasnya dengan gembira.Tema terangkum, dalam pesona keris yang agung,P ASOPATI terbentang, keindahan budaya tersimak dengan cahaya terang."

Sambutan Ketua Umum FPPSKI Narwan Riyadi diakhiri dengan harapan: "Semoga Program PASOPATI "Gelar Budaya Pencak Silat Keris Kolosal" menjadi tonggak sejarah dalam usaha pelestarian dan pengembangan seni Pencak Silat Keris di tanah air."

Program ini mencakup pementasan seni Pencak Silat Keris, pameran Keris, diskusi panel bersama tokoh-tokoh pesilat, seniman, dan budayawan, serta workshop Pencak Silat Keris untuk generasi muda.

Seluruh panitia, mitra, dan pihak yang terlibat mendapat apresiasi tinggi atas keberhasilan pelaksanaan Program PASOPATI. Bersama-sama, mereka berkomitmen untuk menjadi agen perubahan dalam pelestarian kekayaan budaya Indonesia.

Terima kasih atas perhatian dan partisipasi semua undangan. Selamat menyaksikan dan merasakan keindahan Program PASOPATI "Gelar Budaya Pencak Silat Keris Kolosal.”



www.harianrakyat.com
Redaksi | Disclaimer | Dewan Pers