Dodi/Dewi W

Sungai Penuh, HARIANRAKYAT - Sepeda Motor dikota sungai penuh masih banyak peminat, baik kalangan menengah keatas, maupun menengah kebawah. 

Sama halnya Dealer Kerinci Motor Kota Sungai Penuh menyampaikan kepada awak media tentang penguasaannya terhadap pangsa pasar sepeda motor di kota sungai penuh dan Kabupaten Kerinci dengan peningkatan penjualan unit baru yang signifikan sepanjang tahun, Pasca Pandemi Covid Beberapa tahun lalu penjualan sepeda motor imbang, tindak ada penurunan hingga tahun 2023.

Kepala Cabang Dealer Kerinci Motor Kota Sungai Penuh Dian Efentri saat diwawancarai pada  Senin (31/07/2023), mengatakan lebih 100 unit sepeda motor Honda terjual setiap bulannya, ini naik 31%  dibandingkan periode yang sama tahun lalu (2022), Capaian penjualan itu sudah tercatat oleh main Dealer Menara Agung Padang. 

”Ada beberapa faktor yang mendorong peningkatan ini, antara lain persiapan menjelang Lebaran. Keadaan ekonomi relatif positif, terutama dari sisi stabilitas harga komoditas, dan juga karena adanya panen seperti daerah kayu aro,” Ungkap Kacab Dian.

Lebih lanjut Kacab Dian mengungkapkan Pangsa pasar Dealer Mutiara Kerinci Motor saat ini serupa dengan pangsa pasar sepanjang tahun. Kendati demikian, Dian Efentri menegaskan, pihaknya tidak bertujuan mencapai angka tertentu dalam penjualan.

Namun demikian, pemasaran sempat terhambat seiring produksi dikarena stok yang tersedia kurang dengan permintaan pasar yang terus meningkat, apalagi dikalangan muda mudi/mahasiswa lebih meminati Motor Honda Matic seperti Honda Scoopy dan Honda Beat, yang dibutuhkan untuk produksi sepeda motor, terutama skuter matic yang paling diminati masyarakat dengan proporsi penjualan hampir 80 persen setiap tahunnya. 

" Para pembeli sepeda motor sempat harus memesan (indent) terlebih dahulu selama beberapa bulan, Kami berusaha mengelola  pesanan dan meminta ke main dealer kelebihan stok untuk kebutuhan konsumen semaksimal mungkin, Dealer Honda MKM juga akan menggarap potensi sepeda motor sejalan dengan tren dan insentif, Harapannya masyarakat serta ketersediaan infrastruktur pendukungnya, seperti stasiun pengisian BBM terdekat dan Bengkel Servis resmi Ahass, " Tutup Kacab Dian. 

Terpisah, Kepala Bengkel Mutiara Kerinci Motor Dealer Honda Regi Idarto juga mengatakan, peningkatan dari segi penjualan secara tidak langsung berdampak terhadap kenaikan konsumen yang melakukan servis di Ahass mutiara kerinci motor tiap bulan nya, kedati demikian ia berharap tren positif ini bisa tetap stabil demi keberlangsungan bisnis honda ataupun dealer mutiara kerinci motor itu sendiri.

"Demand-nya saja makin banyak akhir-akhir ini, bahkan setelah pandemi covid tetap sama penjualannya, malah makin naik, kami menghimbau untuk masyarakat demi kenyamanan dan perawatan motor honda, lakukan servis di bengkel resmi Ahass dan saya berharap tren positif ini bisa tetap stabil demi keberlangsungan bisnis, ". Imbuhnya

Lanjut Kabeng Regi Sepeda motor itu alternatif (kendaraan) yang paling murah dan praktis untuk kalangan mayoritas (masyarakat) menengah bawah, jadi memang peminatnya banyak, Peningkatan penjualan yang drastis dari tahun ke tahun, Khusus di wilayah Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci, penjualan diprediksi terus meningkat hingga akhir tahun. 

"Prediksi kami, penjualan maupun servis motor honda terus meningkat setiap bulan bahkan setiap tahunnya," Tutup Kabeng Regi. 


BACA JUGA :

www.harianrakyat.com
Redaksi | Disclaimer | Dewan Pers