Menparekraf Ajak Pelaku Ekraf Perkuat Kolaborasi Dukung Depok Masuk Jaringan Kota Kreatif UNESCO

FOTO : Menparekraf Sandiaga Uno saat hadir di acara Workshop KaTa (Kabupaten/Kota) Kreatif di Kantor Balai Kota Depok, Sabtu (22/7/2023). Foto dok Kemenparekraf

Puji Harpa

Depok, HARIANRAKYAT -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Depok dan masyarakat pada umumnya untuk memperkuat kolaborasi dalam upaya mewujudkan Kota Depok bisa masuk dalam Jaringan Kota Kreatif UNESCO. 

Kota Depok sebelumnya telah ditetapkan sebagai daerah perwakilan Indonesia pada Ajang Kota Kreatif UNESCO di bidang media arts.

"Selamat, Kota Depok bukan hanya bagian dari jaringan kabupaten/kota kreatif tapi sudah menjadi nominee dari UCCN (UNESCO Creative Cities Network) di bidang media dan tentunya performing arts," kata Menparekraf Sandiaga Uno saat hadir di acara Workshop KaTa (Kabupaten/Kota) Kreatif di Kantor Balai Kota Depok, Sabtu (22/7/2023). 

Pemilihan Kota Depok bersama Kota Surakarta sebagai perwakilan Indonesia di ajang Jejaring Kota Kreatif UNESCO tahun 2023 tidak lepas dari potensi yang ada. Kota Depok dipilih karena memenuhi kriteria dari 19 indikator penilaian yang telah ditetapkan UNESCO. 

Kota Depok dinilai memiliki ekosistem ekonomi kreatif yang cukup kuat yang ditopang kolaborasi dan komitmen yang kuat dari seluruh unsur pentahelix. Di kota Depok juga banyak tumbuh sejumlah start up yang digerakkan oleh komunitas. 

Menparekraf optimistis dengan kekuatan tersebut Kota Depok akan menjadi kota pertama di Indonesia yang berhasil menembus Jejaring Kota Kreatif UNESCO untuk kategori media dan seni. Seni media di sini pun memiliki arti yang luas tidak hanya aplikasi dan gim tapi juga animasi, robotik, dan lainnya. 

"Hari ini saya melihat antusiasme dari komunitas ekonomi kreatif Kota Depok. Tapi kita masih berjuang, semua masih harus terus berjuang dan jangan lengah. Kita harus bekerja keras, berjejaring, fokus pada bidang ekonomi kreatif, hadirkan suatu inovasi sehingga nanti ketika Depok ditetapkan sebagai creative city  maka akan turut mendukung pengembangan pariwisata," ujar Sandiaga. 

Kemenparekraf dikatakan Sandiaga berkomitmen untuk terus memberikan dukungan dengan berbagai program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu. 

"Mari kita dukung Kota Depok tembus dalam UCCN dengan melakukan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi dan semangat 3G (Gercep, Geber, Gaspol) untuk penciptaan target 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024," kata Menparekraf Sandiaga. 

Sekretaris Daerah Kota Depok Supian Supri mewakili Pemerintah Kota Depok menyampaikan apresiasi atas dukungan Kemenparekraf dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Depok. Salah satunya dalam waktu dekat akan dihadirkan Creative Center di Balai Kota Depok sebagai bentuk kolaborasi antara Kemenparekraf dengan Pemerintah Kota Depok. 

"Kami menyampaikan terima kasih atas support yang diberikan Pak Menteri untuk Kota Depok. Inysaallah kita semua dengan potensi yang ada dari kita bisa memberikan berbagai pelayanan yang baik bagi masyarakat," kata Supian Supri.  



www.harianrakyat.com
Redaksi | Disclaimer | Dewan Pers