Cw1

Jakarta, HarianRakyat -- Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina pada matchday ke-6 Grup F babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (11/06) mulai pukul 19.30 WIB.

Indonesia kini berada di posisi kedua klasemen dengan tujuh poin. Sedangkan, Filipina menjadi juru kunci dengan satu poin. Irak di puncak dengan 15 poin, Vietnam tempat ketiga dengan enam angka.

Di atas kertas, Indonesia diunggulkan menang atas Filipina. Sebab, Filipina kini berada dalam tren negatif. The Azkals tidak pernah menang pada lima laga terakhir, empat kali kalah, sekali imbang, dan kebobolan 12 kali. Namun, Filipina juga berpotensi membuat kejutan.

Sebagai pengingat, pada duel terakhir lawan Filipina, Indonesia bermain imbang 1-1. Indonesia juga pernah kalah 0-4 dari Filipina pada Piala AFF 2014 yang lalu.

Skuad besutan pelatih Shin Tae-yong (STY) wajib menang atas Filipina jika ingin lolos ke putaran ketiga sekaligus menyegel satu tiket di Piala Asia 2027. "Di grup kita saat ini, memang yang kemungkinan lolos hanya Irak, Vietnam, dan Indonesia. Irak sudah lolos dan Indonesia punya peluang lebih besar lolos ke ronde ketiga dibandingkan Vietnam, apalagi kita main di kandang,” kata Pelatih Indonesia STY, Senin (10/06).

Sejatinya, Indonesia bisa memastikan lolos lebih cepat jika mengatasi Irak di SUGBK, Jakarta, Kamis (06/06). Tapi Garuda takluk 0-2 dari Singa Mesopotamia dalam laga yang dipadati lebih dari 60 ribu penonton di SUGBK. “Sebenarnya di laga melawan Irak pun komposisi permainan kita tidak kalah jauh dibandingkan Irak. Saya tidak khawatir jelang pertandingan besok karena kita pasti bisa mendapat tiket ronde ketiga,” ujar STY.

“Saya sudah menganalisis dengan menonton pertandingan Vietnam melawan Filipina. Memang di tempat ini ya saya tidak bisa bicara bagaimana hasil analisis lawan dan bagaimana kami akan mengantisipasinya,” tutur STY. “Tetapi, yang penting tidak perlu khawatir karena analisis kami sudah menyelesaikan soal tim ini seperti apa,” lanjut pelatih asal Korea Selatan itu.

Di sisi lain, Pelatih Filipina Tom Saintfiet angkat topi ke Timnas Indonesia. Baginya, Skuad Garuda sudah berkembang pesat apalagi dalam setahun terakhir! “Mereka punya banyak pemain baru dan skuadnya semakin kuat,” katanya saat memberikan keterangan di SUGBK, Jakarta, Senin (10/06).

"Saya pun sebenarnya sudah lama bergabung dengan Indonesia. Kualitasnya memang semakin bagus dan salah satu yang terkuat," sambung pelatih yang pernah melatih enam timnas di Afrika.

Saintfiet pun tidak punya target muluk-muluk untuk menghadapi Timnas Indonesia nanti. Baginya, Skuad Garuda jadi yang favorit, tapi ingat, bola itu round yang artinya segala kemungkinan bisa terjadi. "Saya respek dengan Indonesia. Mereka favoritnya. Kami sudah kompetitif melawan Vietnam, maka hasilnya nanti jika seri dengan Indonesia itu fantastis dan jika kami menang itu adalah keajaiban," tutup Saintfiet.

Berikut 5 Head to Head terakhir Timnas Indonesia vs Filipina:

21/11/2023 Indonesia 1-1 Filipina (Kualifikasi Piala Dunia 2026)

02/01/2023 Filipina 1-2 Indonesia (Piala AFF 2022)

25/11/2018 Indonesia 0- 0 Filipina (Piala AFF 2018)

22/11/2016 Indonesia 2-2 Filipina (Piala AFF 2016)

25/11/2014 Filipina 4-0 Indonesia (Piala AFF 2014).



www.harianrakyat.com
Redaksi | Disclaimer | Dewan Pers