Prodi Ilmu Politik, Pemerintahan dan HI FISIP UB Perpanjang Kerjasama Universitas Brawijaya dan Adam Mickiewicz University Polandia

FOTO : Ketua Program Studi: Juwita Hayyuning Prastiwi (KPS Ilmu Politik), Restu Karlina Rahayu (KPS Ilmu Pemerintahan), dan Mely Noviryani (KPS Hubungan Internasional), didampingi oleh Dekan FISIP UB, Anang Sujoko,S.Sos., M.Si., D.COMM melakukan kunjungan resmi ke Adam Mickiewicz University (UAM) yang terdapat di kota Poznan, Polandia, (15/10).

Viozzy

Warsawa, HARIANRAKYAT -- Tahun 2024 ini, ketiga Program Studi di bawah Departemen PPHI FISIP Universitas Brawijaya (UB), yaitu Program Studi Ilmu Politik, Ilmu Pemerintahan dan Hubungan Internasional menerima hibah Dosen Berkarya (DOKAR) 2024.

Kegiatan DOKAR tahun ini difokuskan untuk mengembangkan kurikulum internasional yang membuka peluang bagi pertukaran mahasiswa dan dosen. Pada tanggal 15 Oktober 2024 ketiga prodi yang diwakili oleh masing-masing Ketua Program Studi: Juwita Hayyuning Prastiwi (KPS Ilmu Politik), Restu Karlina Rahayu (KPS Ilmu Pemerintahan), dan Mely Noviryani (KPS Hubungan Internasional), didampingi oleh Dekan FISIP UB, Anang Sujoko,S.Sos., M.Si., D.COMM melakukan kunjungan resmi ke Adam Mickiewicz University (UAM) yang terdapat di kota Poznan, Polandia, sebuah kota yang pernah menjadi bagian dari Jerman.

Kampus ini dipilih karena UB telah menandatangani dokumen kerjasama dengan UAM sejak 2019, namun belum teridentifikasi adanya program dan kegiatan yang diturunkan dari kerjasama ini, sementara jangka waktu kerjasamanya sudah memasuki tahun terakhir. Oleh karena itu, ketiga Program Studi FISIP UB memutuskan untuk membantu perpanjangan kerjasama ini dan memastikan bahwa kerjasama ini diimplementasikan dalam waktu dekat.

Kunjungan delegasi FISIP UB diterima oleh International Center dan dua fakultas di UAM yang tertarik untuk melakukan kerjasama dengan FISIP UB, yaitu Faculty of Political Science and Journalism Dan Faculty of Modern Languages and Literatures.

 


Pertama kali, delegasi FISIP UB diterima di Welcome Center oleh Dr. Kostiantyn Mazur dari International Centre UAM yang didampingi oleh sejumlah staffnya. Hadir juga di pertemuan ini Daria Zozula, Ph.D dari Faculty of Modern Languange and Literatures UAM yang selama ini menjadi penghubung FISIP UB dan UAM.

Dalam pertemuan ini, delegasi FISIP UB mendapatkan penjelasan mengenai UAM secara umum dan program kerjasama pertukaran mahasiswa, khususnya inbound student, yang bisa dikerjasamakan.

Pihak UAM bersedia menerima mahasiswa FISIP UB yang memenuhi syarat akademis dan kemampuan bahasa Inggris untuk belajar di UAM selama 1 atau 2 semester tanpa harus membayar biaya kuliah dan tanpa persyaratan resiprokal. Kerjasama ini diproyeksikan untuk dapat segera diimplementasikan mengingat kalender akademik kedua kampus tidak jauh berbeda.

Selanjutnya, delegasi diajak mengunjungi Main Building UAM, sebelum kemudian diarahkan ke Faculty of Modern Languages Dan Literatures. Di fakultas ini, delegasi diterima dengan sangat hangat oleh Professor Agnieszka Błażek, Vice-Dean of the Faculty of Modern Languages and Literatures, dan Professor Agnieszka Stępińska, Vice-Dean of the Political Science and Journalism Department.

Selain menyepakati pertukaran mahasiswa, Dekan FISIP UB dan kedua Wakil Dekan di UAM ini menyepakati kerjasama pertukaran dosen karena kebutuhan dosen dan dosen asing ternyata juga menjadi hal yang harus dipecahkan oleh ketiga fakultas. Khususnya Faculty of Modern Languages and Literatures, sebagai satu-satunya kampus di Poland yang mengajarkan Bahasa Indonesia dalam berbagai konteks, kebutuhan dosen yang memiliki kompetensi mengajarkan Indonesia dan keIndonesiaan menjadi sangat penting. Demikian juga dengan kebutuhan mahasiswa outbound.

Professor Anang Sujoko dan Professor Agnieszka Stępińska juga menyepakati kerjasama riset dan publikasi dengan tema Komunikasi Politik dalam Pemilihan Umum, perbandingan antara Polandia dan Indonesia.

Delegasi FISIP UB dan kedua fakultas di UAM ini juga menyepakati penyelenggaraan konferensi internasional di tahun 2026 dengan working group yang disepakati saat itu juga dibawah koordinasi Daria Zozula, Ph.D.







www.harianrakyat.com
Redaksi | Disclaimer | Dewan Pers