Kunjungan Kerja Dirjen Bina Pemerintahan Desa di Desa Pilohayanga kab. Gorontalo

FOTO : Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa ( Dirjen Bina Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Menghadiri acara kunjungan Kerja dalam rangka koordinasi penyelenggaraan pemerintahan Desa di Desa Pilohayanga Kab. Gorontalo Prov. Gorontalo, pada Sabtu ( 28/5).

Martin

Gorontalo, HarianRakyat  -- Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa ( Dirjen Bina Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Menghadiri acara kunjungan Kerja dalam rangka koordinasi penyelenggaraan pemerintahan Desa di Desa Pilohayanga Kab. Gorontalo Prov. Gorontalo, pada Sabtu ( 28/5).

Dirjen Bina Pemdes melakukan monitoring penyelenggaraan pemerintahan desa di Desa Pilohayanga, Kabupaten Gorontalo dalam kunjungan tersebut Ditjen Bina Pemerintahan  Desa mengapresiasi pelayanan kepada masyarakat yang diberikan oleh pemerintah Kepala Desa Pilohayanga dengan konsep e-Government dengan mengandalkan pelayanan mengggunakan teknologi informasi.

Dirjen Bina Pemerintahan Desa menyampaikan "penerapan E-Government untuk pelaksanaan pemerintahan desa membutuhkan perubahan karakter, mentalitas atau pola pikir. Dalam birokrasi maupun badan public perlu reformasi system dan pola kerja. Nah, itu dapat diwujudkan salah satunya dengan menerapkan system pemerintahan berbasis elektronik atau e-Government”.
"Sebagaimana amanat Permen PAN-RB Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah ditujukan untuk mewujudkan proses kerja yang efisien, efektif, transparan, dan akuntabel serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat " tandasnya.

Pelayanana public di Desa Pilohayanga yang berbasis elektornik sangat bermanfaat bagi masyarakat.  Pengembangan Digitalisasi Di Desa Pilohayanga dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat sehingga masyarakat yang menerima layanan dan administrasi dapat berkomunikasi dengan pemerintah Desa pilohayanga menggunakan Smarthphone dan tidak pelru mendatangi Kantor Desa untuk mendapatkan berbagai jenis layanan adminsitrasi seperti surat keterangan pindah, surat pengantar berkelakuan baik, surat keterangan sebagai penduduk.

Pengembangan aplikasi Di Desa Pilohayanga telah menggunakan Prodeskel sebagai basis data yang selanjutnya dikembangkan sesuai kebutuhan pemerintah Desa. Pengembangan aplikasi lainnya dilakukan untuk mendukung usaha ekonomi masyarakat terutama untuk mendukung kegiatan di Desa Pilohayanga. Pada Kegiatan tersebut Sekdes Pilohayanga Bersama perangkat Desa menyampaikan peragaan alur system pelayanan berbasis elektronik kepada masyarakat.

Dalam kunjungan tersebut Kepala Desa Pilohayanga menyampaikan kepada bapak Dirjen bina pemdes mengenai Proses pembahasan dan progress Program BLT dimana jumlah KPM penerima manfaat sejumlah 129 orang yang dimusdesuskan bersama BPD dan masyarakat. Dalam penjelasan tersebut kepala desa pilohayanga juga berharap semoga BLT Dana Desa dapat bermanfaat bagi masyarakat desa pilohayanga yang terdampak covid-19 dan keluarga miskin di masing- masing dusun di desa pilohayanga.

Disamping itu, Dirjen Bina Pemdes mengucapkan selamat dan apresiasi kepada desa pilohayanga yang terpilih menjadi juara lomba desa
semoga menjadi motivasi untuk meningkatkan kinerja aparat desa dalam melayani masyarakat.
"Saya ucapkan selamat dan apresiasinya kepada Desa Pilohayanga sebagai  juara lomba desa yang terpilih. Semoga menjadi motivasi untuk lebih meningkatkan kinerja para aparat desa dengan tagline dua kali lebih baik,” ucap Yusharto

Pelaksanan kunjungan kerja Ditjen Bina Pemerintahan Desa didampingi oleh  Bapak Kadis PMD Provinsi Gorontalo, Drs. Slamet  S.K Bakrie M.Sc, Bapak Kadis PMD Kab. Gorontalo Darwan Usman , SP. M.Si, Sekretaris Desa bapak Bertin Hasan dan Segenap Aparat Desa Pilohayanga.

Dalam Kesempatan itu, diserahkan secara simbolis Plakat dan penghargaan kepada pemerintah Desa atas pelaksanaan penyelanggaraan pemerintahan desa yang berbasis elektronik.



www.harianrakyat.com
Redaksi | Disclaimer | Dewan Pers