DOKAR 2024 : Prodi Ilmu Politik, Pemerintahan dan Hubungan Internasional FISIP UB Inisiasi Kerjasama dengan University of Warsawa, Polandia

FOTO : Delegasi FISIP UB yakni Ketua Program Studi : Juwita Hayyuning Prastiwi (KPS Ilmu Politik), Restu Karlina Rahayu (KPS Ilmu Pemerintahan), dan Mely Noviryani (KPS Hubungan Internasional), ketiganya didampingi oleh Dekan FISIP UB, Anang Sujoko,S.Sos., M.Si., D.COMM tanggal 14 Oktober 2024 melakukan kunjungan ke Faculty of Political Science and International Studies University of Warsawa dalam rangka DOKAR 2024.

Viozzy

Warsawa, HARIANRAKYAT -- Ketiga Program Studi di bawah Departemen PPHI FISIP UB, tanggal 14 Oktober 2024 melakukan kunjungan ke Faculty of Political Science and International Studies University of Warsaw dalam rangka DOKAR 2024.

Dalam kunjungan yang diwakili oleh semua Ketua Program Studi : Juwita Hayyuning Prastiwi (KPS Ilmu Politik), Restu Karlina Rahayu (KPS Ilmu Pemerintahan), dan Mely Noviryani (KPS Hubungan Internasional), ketiganya didampingi oleh Dekan FISIP UB, Anang Sujoko,S.Sos., M.Si., D.COMM.

Keempat delegasi FISIP UB ini diterima oleh Jakub ZajÄ…czkowski, Ph.D., Dean’s Representative for International Cooperation and Research Programms yang sekaligus adalah Dean’s Representative for International Relations Scientific Discipline, Faculty of Political Science and International Studies University of Warsaw, dan Dr. Saroj Kumar Aryal,  Coordinator for Bilateral and Dual Degree Agreement, International Cooperation and Research Program Section dari fakultas yang sama.


Dalam kunjungan tersebut dilakukan diskusi dan kesepakatan kerjasama yang meliputi : pertukaran tenaga pengajar, pertukaran mahasiswa (termasuk mahasiswa S2 dan S3), kolaborasi penelitian, keikutsertaan dalam seminar dan pertemuan akademik, pertukaran material akademisi, dan program akademisi khusus jangka pendek. Kerjasama ini nantinya akan bisa diakses oleh semua program S1 Dan S2 di Departemen PPHI.

Secara khusus juga telah disepakati program pertukaran mahasiswa secara resiprokal yang sudah bisa dilakukan sejak semester genap 2024-2025. Dengan memenuhi kualifikasi akademis dan bahasa Inggris yang diminta, mahasiswa dari ketiga Program Studi bisa berkuliah selama satu sampai dua semester di Faculty of Political Science and International Studies University of Warsawa tanpa dikenakan biaya kuliah oleh kampus penerima, demikian pula sebaliknya.

Dalam rangka pertukaran mahasiswa tersebut, pihak Faculty of Political Science and International Studies University of Warsawa berkenan untuk berdiskusi dan meninjau kurikulum di masing-masing program studi.

Diskusi dan kesepakatan pertukaran mahasiswa ini berlangsung dengan lancar dan hangat. Pihak University of Warsawa menyampaikan antusiasmenya menerima lebih banyak mahasiswa asing, khususnya dari Indonesia untuk datang Dan belajar di kampus tersebut.

Tahun 2024 ini, melalui program IISMA, University of Warsawa menerima 60 mahasiswa dari Indonesia. Berkesempatan hadir juga dalam pertemuan ini, dua mahasiswa prodi Hubungan Internasional  FISIP UB yang sedang menempuh program IISMA di University of Warsawa.

Selain itu, telah disepakati pula penyelenggaraan Konferensi Internasional bersama yang sekiranya akan diselenggarakan pada 2025 dan pertukaran dosen baik secara online maupun offline yang dapat segera dilaksanakan. 



www.harianrakyat.com
Redaksi | Disclaimer | Dewan Pers